Pembukaan Pelatihan Wirausaha Baru (WUB) Tahun 2024


Senin, 20 Mei 2024 Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok membuka pelatihan Wirausaha Baru (WUB) Tahun 2024 di Hotel Bumi Wiyata, Depok. Pembukaan pelatihan WUB 2024 telah resmi dibuka oleh Bapak Wakil Walikota Depok Ir. H. Imam Budi Hartono, M.Si. Pembukaan dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintahan, Pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) dan asosiasi komunitas di Kota Depok. Hadir menyaksikan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok Bapak Drs.Mohamad Thamrin, S.Sos, M.M; Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Bapak Ir, Bastian, MBA; Direktur Pengembangan SDM Ekraf, Bapak Fahmi Akmal; Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Bapak Ir. Rachmat Taufik Garsadi, M.Si; Dandim 0508/Depok Letkol Inf. Iman Widhiarto; Wakapolres Kota Depok Bapak Ajun Komisaris Besar Polisi Eko Wahyu Fredian S.I.K, M.M; Wakil Ketua Pengadilan Agama Kota Depok, Rahmat Arijaya, S.Ag., M.Ag; Perwakilan Kejaksaan Negeri Depok, Muhammad Arief Ubaidillah, S.H., M.H.; Ketua Dekranasda Kota Depok, Ibu Elly Farida; Kepala OPD, Camat dan Lurah Pemerintah Kota Depok; Asosiasi UMKM tingkat Kota;  Komunitas UMKM dan pendamping WUB Tingkat Kecamatan se-Kota Depok serta peserta WUB Tahun 2024.

 

Dilaporkan oleh Bapak Wakil Walikota Depok total jumlah peserta WUB telah memenuhi janji Walikota Kota Depok untuk menciptakan 5000 pengusaha/wirausaha baru (WUB) dan 1000 perempuan pengusaha. Peserta program wub tahap I tahun 2022 sebanyak 2110 orang peserta dan tahap II tahun 2023 sebanyak 2114 orang, untuk tahap III tahun 2024 ini akan diikuti 1800 orang peserta.Tingginya antusisme masyarakat dalam program Wirausaha Baru hal ini dibuktikan dengan pendaftaran WUB tahun 2024 sudah melebihi target kuota.

 

Adapun Tujuan Program Wirausaha Baru adalah : Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan peserta dalam berwirausaha yang benar dalam menumbuh kembangkan bisnis; Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan manajemen usaha; Mengembangkan produk melalui branding, pemasaran dengan teknologi digital, akses pembiayaan dan legalitas usaha; Menjadikan keluarga sejahtera, menyerap tenaga kerja dan menjadi tulang punggung kekuatan ekonomi di Kota Depok

 

Pembukaan pelatihan WUB dimeriahkan oleh kehadiran meja booth Wirausaha Baru, hasil usaha dan karya pada WUB tahun 2022 dan 2023 perwakilan tiap kecamatan di Kota Depok, sejumlah perbankan, pegadaian, PNM dan BPJS Tenaga Kerja. Pembiayaan kegiatan Wirausaha Baru (WUB) berasal dari DPA Dinas Koperasi dan Usaha Mikro APBD Kota Depok TA 2024.