Sosialisasi dan Diskusi Publik Peningkatan Akses Pengaduan Pelayanan Publik terkait Penerbitan Sertifikasi Halal


Kamis, 30 November 2023 bertempat di Felfest Faculty Club Universitas Indonesia, Ombudsman Republik Indonesia  mengadakan kegiatan “Sosialisasi dan Diskusi Publik Peningkatan Akses Pengaduan Pelayanan Publik terkait Penerbitan Sertifikasi Halal” bagi UMKM Kota Depok bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok. 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan agenda Sosialisasi dan Diskusi Publik serta pembentukan Posko Pengaduan Pelayanan Publik terkait Layanan Sertifikat Halal. Acara dibuka oleh pimpinan Ombudsman Republik Indonesia Bapak Indraza Marzuki Rais, dan hadir memberikan sambutan Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok Ibu Nani Zara, ST, MA, MSE. Bertindak sebagai narasumber unsur Ombudsman RI, Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal BPJPH dan perwakilan pelaku UMKM.

Peserta acara terdiri dari pengurus komunitas UMKM Kecamatan se-Kota Depok, para Wirausaha Baru (WUB), Pendamping WUB tingkat Kota dan Pendamping Halal.

Adanya sertifikasi halal terhadap produk merupakan suatu hal yang penting bagi konsumen dan menjadi kewajiban di tahun 2024. Oleh karena pentingnya pemberian sertifikasi halal, ombudsman mengingatkan tindakan mal administrasi yang mungkin bisa terjadi dalam pelaksanaan pemberian fasilitasi sertifikasi halal, seperti : penundaan berlarut, tidak memberikan layanan, bertindak tidak layak/patut, penyalahgunaan wewenang, penyimpangan prosedur, mempersulit pelayanan, diskriminasi, konflik kepentingan, berpihak, tidak kompeten, dan lain sebagainya.